Menu

Percik Kata Nieke

Rabu, 24 April 2024

Tak Sekadar Ngeteh di Tong Dji Tea House

Ternyata Tong Dji Tea House tak sekadar tempat buat duduk ngeteh. Konsumen bisa menjajal menu makanan khas Indonesia.


Tong Dji Tea House review resto kuliner Surabaya
Tong Dji Tea House. 
Foto dokumen pribadi @katanieke



Buat penyuka teh, siapa yang tak kenal Tong Dji? Salah satu produsen teh Indonesia tertua di Indonesia, yang bermula di Tegal, Jawa Tengah, ternyata punya restoran bernama Tong Dji Tea House.

Tong Dji Tea House


Pertama kalinya saya tahu Tong Dji Tea House itu waktu jalan-jalan di Tunjungan Plasa Surabaya, beberapa tahun lalu, sebelum pandemi melanda Indonesia. Tepatnya saat menyusuri lantai 1 dari Tunjungan Plasa 1 ke arah Tunjungan Plasa 2, yang memang bangunannya menyambung. Tak sengaja melihat gerai Tong Dji Tea House yang terlihat cozy

Sekadar ingin mengistirahatkan kaki sambil minum teh, saya pun memutuskan untuk singgah. Tadinya hanya sekadar ingin minum teh saja. Saat disodori menu, eh lha kok kepengin jajan camilan dan makan juga.

Minuman yang disajikan tentu saja serba teh. Mulai dari teh konvensional seperti teh hitam dan teh melati, teh tradisional seperti teh uwuh dan teh yang disajikan dengan poci, sampai teh fussion seperti teh berpadu dengan matcha dan strawberry

Sementara menu camilannya seperti tempe mendoan, tahu walik, dan kentang goreng.  Menu makanan utama atau main course adalah makanan khas Nusantara. Misalnya tahu telur khas Kudus, bakmie Jawa khas Semarang, nasi goreng. 

Sejak saat itu, Tong Dji Tea House jadi salah satu destinasi kuliner kalau lagi kepengin makan makanan Indonesia. 

Nah, bulan Ramadan 2024 lalu, saya pun tak sengaja menemukan Tong Dji Tea House di mal BG Junction Surabaya. Berawal dari kebingungan mencari tempat makan karena hampir semua restoran di BG Junction sudah penuh--terisi semua mejanya, pada pukul 16.00 atau 4 sore. 

Rekomendasi kuliner Surabaya Tong Dji Tea House BG Junction
Bagian depan resto Tong Dji Tea House BG Junction Surabaya.
Foto pribadi @katanieke


Saya keliling lho dari lantai teratas BG Junction tempat food court atau pujasera sampai ke lantai paling bawah. Gila penuh semua. Namun dari hasil keliling itu malah menemukan Tong Dji Tea House yang baru buka di lantai GL BG Junction. Sayangnya sore itu tak bisa mampir karena resto penuh. 

Lantaran penasaran, selang beberapa hari saya kembali ke BG Junction untuk menjajal Tong Dji Tea House. Sengaja pilih hari kerja dan jam yang tak saya perkirakan tak ramai pengunjung. Pucuk dicinta ulam tiba. Yay, akhirnya bisa dapat tempat duduk.


Review Tong Dji Tea House BG Junction Surabaya
Suasana cozy di Tong Dji Tea House BG Junction Surabaya. 
Foto pribadi @katanieke



Review Tong Dji Tea House BG Junction


Hal yang saya suka dari ambiance resto Tong Dji BG Junction adalah tata pencahayaan ruangannya. Tidak terlalu terang, tapi juga bukan remang-remang. Jatuhnya suasana yang hangat, romantis. 

Masuk ke resto, seorang karyawan langsung menyambut. "Berapa orang, Kak?"

Soalnya, berdasarkan jumlah pengunjung tersebut, karyawan akan membantu memilihkan meja dan kursi yang sesuai. Ada kursi meja yang ditata dengan kapasitas maksimal 2 orang dan 4 orang.

Begitu duduk, karyawan menyodorkan menu restoran. Di meja terdapat sebuah semacam plakat dengan barcode dan cara pemesanan secara online. Jujur saja, ini pengalaman pertama saya dengan cara memesan seperti ini. Jadi setelah melihat-lihat menu dan menentukan pilihan, pengunjung memindai barcode dengan ponselnya.


Panduan order online di Tong Dji Tea House
Panduan order online di Tong Dji Tea House.
Foto @katanieke


Barcode tersebut menyambungkan pengunjung dengan menu restoran secara online. Dari menu online inilah pengunjung bisa langsung memesan menu yang diinginkan. Bahkan pengunjung bisa memberikan catatan atas menu yang dipesannya, misalnya "tidak pedas". 

Pemesanan online tersebut langsung terhubung dengan kasir. Usai memesan, pengunjung bisa saja membayar terlebih dulu di meja kasir. Atau memilih membayar saat rampung menyantap hidangan.

Saya memesan tongseng, bakmi Jawa, dan steak. Minumannya teh uwuh. Konon teh uwuh di Tong Dji rasanya spesial. Saya penasaran dong. Tak berapa lama, hidangan pesanan saya tiba di meja. 

Yuk, icip satu-satu.


Bakmi Jawa Tong Dji Tea House BG Junction Surabaya
Bakmi Jawa. Foto @katanieke

Bakmi Jawa


Bakmi Jawa ala Semarang yang disajikan dengan kuah kecoklatan. Irisan tomat dan sayur membuat kuah kaldu terasa segar. Irisan bakso dan ayam suwir membuat menu ini sanggup mengenyangkan. Belum lagi telur rebus. Tak lengkap makan bakmi Jawa ini tanpa kerupuk.  Krenyes-krenyes-krenyes. 


Review kuliner tongseng Tong Dji Tea House
Tongseng di Tong Dji Tea House BG Junction.
Foto @katanieke.


Tongseng


Warna kuahnya yang coklat dengan tekstur sedikit kental walau dominan cair. Terasa santannya yang bercampur irisan tomat dan sawi. Ini tongseng daging sapi. Dagingnya cukup empuk dan gampang dikunyah. Isinya banyak. Menurut saya, bisa buat porsi 2-3 orang. Jadi tinggal pesan nasi putihnya saja. Tentu saja tongseng disajikan lengkap dengan emping berukuran kecil, sambal, dan jeruk nipis.


Menu Tong Dji Tea House BG Junction
Steak di Tong Dji Tea House BG Junction.
Foto @katanieke


Steak


Saya suka banget sama steak ayam ini. Juicy banget dan bumbunya yang agak kental ini enak. Sayang porsinya kurang mengenyangkan. Steak disajikan dengan irisan buncis dan wortel yang memanjang serta potongan kentang yang digoreng. Sayangnya kentangnya juga terlalu sedikit. Wah padahal menu ini saya suka. Semoga Tong Dji bisa menambahkan porsinya agak banyak ya. Hehehe.


Rekomendasi minuman teh Tong Dji Tea House
Teh uwuh, andalan Tong Dji Tea House.
Foto @katanieke


Teh wedang uwuh


Nah ini minuman andalan dan otentiknya Tong Dji Tea House. Rasa tehnya kuat. Aroma teh melati berpadu dengan rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis,  daun pala, serutan kayu secang, dan sereh. Apalagi jahenya terlebih dulu dibakar, lalu direbus dengan air bersama dengan lengkuas yang digeprek. Saat diminum, badan terasa hangat dan melegakan tenggorokan.


Rekomendasi menu Tong Dji Tea House BG Junction
Menu khas Nusantara di Tong Dji Tea House BG Junction.
Foto @katanieke


Menu di Tong Dji Tea House rata-rata masakan Nusantara. Kalaupun ada menu steak, citarasanya lebih ke lidah Indonesia. Kisaran harga makanan mulai dari Rp 30 ribuan untuk main course, sedangkan minuman mulai dari Rp 10 ribu.

Begitulah pengalaman saya saat menikmati makan malam di Tong Dji Tea House Junction. Tempat ini buka juga saat pagi, bersamaan dengan jam buka mal BG Junction. Teh uwuhnya Tong Dji ini recommended banget.

Salam,
Kata Nieke

20 komentar:

  1. Kayanya cozy tempatnya. Murah bngt harganya. Tapi lokasinya itu mayan sih dari rumahku. Tks infonya


    Newsartstory

    BalasHapus
  2. thanks kak referensinya, mau coba yang di BG junction kayaknya, biar sekalian jalan di mall

    BalasHapus
  3. Judul kontennya imajinatif sekali lho.. menggugah berbagai selera untuk segera bekunjung kesana hehehe..

    senja hari memang identik dengan menikmati teh ya, apalagi teh seenak punya tong djie nih! masoooooook :)

    BalasHapus
  4. Waah harganya cukup terjangkau ya Mbak Nieke. Saya penasaran lho dengan teh wedang uwuhnya. Bikin seger ya pastinya.

    BalasHapus
  5. Wah, enak banget tuh! Aku juga suka banget sama teh uwuh-nya Tong Dji. Bakmi Jawa-nya juga mantap, bener-bener bikin nagih!

    BalasHapus
  6. Saya juga mengira kalau Tong Dji Tea House hanya buat minum teh atau minimal cemilan ringan aja. Ternyata menunya bervariasi dan bikin pengen bersantap ya. Ada di mall di kota saya juga. Wajib coba ah.

    BalasHapus
  7. Wuih gak cuma ngeteh, tempatnya cozy & makanannya juga keknya enak bener ya

    BalasHapus
  8. BG juction ini tongkrongan pas jaman masih gadis yang paling dekat kost juga. Hahaha.. Dulu kalau ada event-event paling sering beli lemon tea-nya Tong Dji. Interior Tea House-nya juga zen banget ditambah makanannya juga enak, nek gini bikin PW. :D

    BalasHapus
  9. Btw ngomongin teh, saya juga udah setahun terakhir ini pakai teh Tong Tji yang melati. Wanginya khas banget...
    Kami di rumah kan emang minum teh untuk sehari-hari. Jadi bikin satu teko besar untuk sekeluarga
    Alhamdulillah sekarang teh melati dari tong tji jadi favorit nih

    BalasHapus
  10. Di Medan juga ada Tong Dji Tea House ini mba, karena saya pernah ke sana beberapa kali. Menu soto daging dan rawonnya enak banget, pas dinikmati dengan minuman teh melati khas Tong Dji. Mantaplah pokoknya :)

    BalasHapus
  11. Untuk kota besar, harga segitu masih wajar ya. Mana pilihan menunya macam-macam juga. Catet dulu siapa tahu nanti bisa nyicip langsung. Tehnya cukup menggoda sih

    BalasHapus
  12. Mungkin memang untuk porsi yang tidak banyak, karena bisa icip-icip lagi menu lainnya. Asiknya nongki di sana, sambil seruput teh dan menikmati suasana jelang malam hari ya

    BalasHapus
  13. Kalau ke Surabaya wajib banget nih mampir ke Tong Dji Tea House. Banyak kuliner enak dan menarik banget nih.

    BalasHapus
  14. Berkat Tong Dji tea, teh berasa naik kelas tuh. Apalagi teh Luwuh yg udh terkenal seantero nusantara. Dgn masuk ke kedai Tong Dji Tea di mal terkemuka, seolah pgn menaikkan pamor beragam rasa teh nusantara. Mantaap nih. Smg bs buka gerai di daerah ya Tong Dji Tea.

    BalasHapus
  15. Tongji house di bg junction ini memang asik buat nongki
    Karena ada pilihan banyK menu lain sekalin teh y

    BalasHapus
  16. Aku juga pernah liat Tong Dji Tea House, tapi gak mampir, hhehe..
    Soalnya ada sekian banyak pilihan, aku pikir hanya menawarkan minuman teh.
    Ternyata ada banyak juga menu makanan utama yang bisa dipesan yaah.. Iiih, jadi pingin coba juga, ka Niek..

    BalasHapus
  17. Tempe mendoan emang selalu ada dimana-mana ya. Kalau di tempatku yang termasuk asalnya, bentuknya gede banget satu lembar 5000. DImakan pakai sambel kecap mantap tenan.

    BalasHapus
  18. Wah belum pernah coba di sana, varian menunya banyak juga dan harganya terjangkau
    Kapan-kapan cobain ah secara aku juga suka teh Tong Ji

    BalasHapus
  19. aku suka ngeteh daripada ngopi, ngeteh lebih romantis saat senja hari, kalo kopi romantis di pagi hari heehe

    BalasHapus
  20. Sangat rekomendasi banget untuk pecinta teh nih tempatnya. Saya penasaran juga dengan Tongsengnya. Kuahnya terlihat kental dan menyegarkan

    BalasHapus

Hi... terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya. Mohon berkomentar dengan sopan, tidak meninggalkan spam, tidak menggunakan LINK HIDUP di kolom komen. Sebelum berkomentar, mohon cek, apakah Anda sudah memiliki profil di akun Anda. Profil tanpa nama atau unknown profil tidak akan diterima berkomentar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tidak gunakan akun anonim.

Salam.